5 Jamu Penurun Kolesterol Paling Ampuh

Tue, 16 Aug 2022 10:30
353
5 Jamu Penurun Kolesterol Paling Ampuh

5 JAMU penurun kolesterol dalam artikel ini bisa menjadi salah satu solusi masalah kesehatan Anda. Jamu apa saja yang ampuh menurunkan kolesterol tinggi? Simak penjelasannya yuk.

 

Kolesterol merupakan metabolit yang mengandung lemak sterol yang ditemukan pada membran sel dan disirkulasikan dalam plasma darah. Dan jika kadar kolesterol di dalam darah melebihi batas normal, kolesterol yang berlebihan bisa menumpuk di pembuluh darah sehingga meningkatkan risiko terjadinya serangan jantung dan stroke.

 
Kolesterol bisa disebabkan karena jarang berolahraga atau melakukan aktivitas fisik. Mengonsumsi minuman beralkohol secara berlebihan, mengonsumsi makanan tinggi kolesterol dan lemak jenuh, serta mengalami stress dapat memicu kolesterol tinggi.
 

Beberapa jamu yang dibuat dari bahan-bahan alami tumbuhan dipercaya bisa menurunkan kolesterol. Tetapi sebelum Anda mencoba jamu apa pun, tanyakan kepada profesional kesehatan untuk menentukan apakah itu aman untuk Anda.

 
Lantas apa saja jamu penurun kolesterol? Dirangkum dari berbagai sumber, Senin (15/8/2022), simak ulasannya dibawah ini.
 

1. Kunyit

 

5 Jamu Penurun Kolesterol

(5 Jamu Penurun Kolesterol, Foto: Timesofindia)

 

Kunyit biasa ditemukan pada minuman yang dijadikan jamu. Menariknya kunyit mempunyai khasiat yaitu menurunkan kolesterol. Terlebih jika mengkonsumsi kunyit putih bisa menurunkan kadar kolesterol jahat dan trigliserida di dalam tubuh.

 

Tanaman jamu-jamuan dikabarkan bisa menjadi alternatif obat herbal bagi penderita kolesterol dan trigliserida tinggi. Sehingga, risiko penyakit jantung dan stroke pun dapat berkurang.

 

2. Jahe

 

Saat memakan jahe ada sensasi rasa pedas hangat. Sama seperti kunyit, jahe juga dipercaya sebagai obat alami untuk menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Dalam sebuah penelitian tahun 2018 terhadap 60 orang dengan hiperlipidemia, 30 orang yang menerima atau meminum 5gram bubuk jahe setiap hari, mengalami penurunan kadar kolesterol LDL (jahat) sebesar 17,4% selama periode 3 bulan.

 

3. Bawang Putih

 

Bawang putih telah dikenal sejak ribuan tahun lalu sebagai salah satu obat-obatan alami penurun kolesterol. Bawang putih bisa dimakan mentah atau dimasak. Bahan ini juga tersedia dalam bentuk suplemen dalam bentuk kapsul atau tablet.

 

Dalam beberapa penelitian memperlihatkan bahwa bawang putih dapat membantu menurunkan tekanan darah, mengurangi kadar kolesterol darah, dan memperlambat perkembangan aterosklerosis.

 

4. Beras Ragi Merah

 

Beras ragi merah merupakan jamu untuk kolesterol tinggi. Jamu ini terbuat dari bahan alami berupa beras yang difermentasi dengan sejenis jamur bernama monascus purpureus atau ragi.

 

Sebagian produk beras ragi merah mengandung sejumlah besar monacolin K. Zat ini secara kimiawi mirip dengan bahan aktif dalam obat penurun kolesterol lovastatin. Produk beras ragi merah yang mengandung zat tersebut dapat membantu menurunkan kadar kolesterol yang tinggi.

 

5. Daun Binahong

 

Daun Binahong pun secara turun-temurun sering digunakan dalam berbagai terapi pengobatan herbal dan tradisional untuk mengobati sejumlah penyakit, salah satunya kolesterol tinggi.

 

Daun ini dipercaya memiliki kandungan yang baik bagi jantung karena kandungan saponinnya yang mampu untuk menurunkan kolesterol jahat di dalam tubuh.

 

 

Sumber: okezone

5 Jamu Penurun Kolesterol Paling Ampuh

5 Jamu Penurun Kolesterol Paling Ampuh

5 Jamu Penurun Kolesterol Paling Ampuh

5 Jamu Penurun Kolesterol Paling Ampuh

5 Jamu Penurun Kolesterol Paling Ampuh

Last Update

Latest Review

Review of Wilda Watch

Posted by iin p.
on 15 Feb 2021
langganan saya dari dulu
sebagai pemilik akun love indonesia, saya mau mereview toko ini. wah toko ini sih legenda ...