Menguak Sejarah Soto Triwindu, Favorit Gus Dur hingga Jokowi

Fri, 23 Aug 2019 00:00
295
Menguak Sejarah Soto Triwindu, Favorit Gus Dur hingga Jokowi

Soto Triwindu memang tengah menjadi primadona dan perbincangan masyarakat. Hal ini terjadi setelah Presiden Joko Widodo (Jokowi) membagikan momen kulinerannya ketika pulang kampung ke Solo melalui akun Youtube-nya.

Soto khas Solo yang sudah ada sejak 1939 memiliki rasa khas yang sangat unik. Bagi beberapa orang, soto ini seperti sop sapi yang memiliki citarasa yang sangat kaya. Rempah-rempah dan kaldu sapi tercium dengan sangat kuat.

Wati selaku pengelola Rumah Makan Soto Triwindu mengatakan masakan buatannya berbeda dengan soto pada umumnya. Ia mengaku daging kaldu daging sapi yang sangat legit menjadi andalan dari kuliner legendaris ini.

“Dagingnya banyak masuk ke dalam kuali dan yang membuat legit itu karena kuah sapi di dalamnya. Inilah yang menjadi andalan Soto Triwindu. Kami masih tetap mempertahankan resep rahasia dari dulu sampai sekarang tidak berubah,” terang Wati, saat ditemui Okezone, Kamis, 22 Agustus 2019.

Ternyata cerita menarik soto ini bukan hanya karena dari rasanya yang lezat, melainkan dari nama Triwindu yang tersemat. Menurut Wati yang merupakan mantu dari Hj Yoso Sumarto selaku pelopor berdirinya kuliner nama Triwindu memiliki banyak sejarah panjang.

“Nama Triwindu karena letaknya dekat pasar Triwindu. Awalnya namanya Pringgondani, tapi karena pelanggan lebih familier dengan sebutan tersebut makanya berubah menjadi Soto Triwindu,” lanjutnya.

Favorit keluarga Presiden Jokowi

Presiden Jokowi telah menjadi pelanggan setia Soto Triwindu sejak dulu, bahkan sebelum dirinya menjadi Walikota Solo. “Sebelum Jokowi jadi walikota sudah makan di tempat ini. Kalau ibu pulang ke Solo pasti mampir ke sini," ujar Wati.

Wati menceritakan kebiasaan Presiden Jokowi ketika makan di rumah makan miliknya. Menurutnya, ada satu spot di Soto Triwindu yang menjadi tempat favorit makan Jokowi bersama keluarga.

“Pak Jokowi paling senang makan di pojokan dekat tembok di meja nomor satu. Ini menjadi spot favorit Pak Jokowi setiap berkunjung ke rumah makan saya,” sambungnya.

Lauk yang disediakan di sini beraneka ragam mulai dari empal, lidah, paru, iso, limpa, babat, otak, kikil. Wati pun menjelaskan perihal menu favorit keluarga orang nomor satu di Indonesia tersebut. Menurutnya kikil menjadi menu wajib bagi sosok Jokowi.

“Kalau menu favorit Jokowi itu pakai kikil. Kalau ibu (Iriana) pakai iso dan empal, minumnya wedang jeruk. Sementara Mas Gibran paling suka lauk paru, babat dan tempe,” lanjut Wati.

Tak hanya Presiden Jokowi, beberapa tokoh terkenal di Indonesia juga pernah memanjakan lidahnya di tempat legendaris ini. Mulai dari politisi, pejabat penting pemerintahan hingga musisi Indonesia semuanya pernah menikmati kuliner lezat ini.

“Gus Dur, Harmoko, Wiranto, Yusuf Mansur, Kaka Slank. Kalau Kaka setiap ke sini pasti favoritnya harus ada lenthu yang terbuat dari singkong dan kacang. Sebelum ada vlog Jokowi, tempat ini sudah rame dan ketika ada vlog jadi makin rame lagi,” cetus Wati.

Tak mau buka cabang

Meski saat ini rumah makan sotonya sudah sangat terkenal dan selalu ramai dikunjungi pembeli, tapi Wati enggan membuka cabang di luar Solo. Ia juga mengaku tidak mau main-main dengan bahan baku yang telah digunakan secara turun-temurun.

“Kami tidak mau buka cabang. Kenapa? Karena kalau cabang yang buka kan di luar keluarga, jadi takut rasanya berubah dan berimbas pada nama Soto Triwindu. Untuk masalah bumbu walau mahal, namun kami tetap tidak mengurangi. Kami tetap menjunjung citarasa turun-temurun,” tutup Wati.


Sumber : Okezone

Last Update

Latest Review

Review of D'Stupid Baker

Posted by
on 13 Sep 2019
mengapa tutup? sayang sekali. roti dan cakenya enak banget
mengapa tutup? sayang sekali. roti dan cakenya enak bangetsangat berharap D' s***** buka l...