Peyek Undur-Undur, Makanan Unik Khas Pantai Selatan yang Kaya Manfaat

Thu, 25 Jul 2019 10:00
644
Peyek Undur-Undur, Makanan Unik Khas Pantai Selatan yang Kaya Manfaat

SELAIN keindahannya, pantai selatan pulau Jawa sering kali terkenal dengan mitos mistis yang meliputinya. Padahal, pantai selatan juga memiliki berbagai macam kuliner lezat dan unik yang layak Anda ketahui dan coba. Salah satunya adalah rempeyek yutuk atau lebih dikenal sebagai peyek undur-undur.

 

Jika peyek pada umumnya menggunakan campuran kacang-kacangan atau teri, peyek di kawasan pantai selatan menggunakan undur-undur laut sebagai pengganti jenis kacang-kacangan dan teri.

 

Walau namanya undur-undur laut, sebenarnya hewan ini termasuk ke dalam jenis krustasea atau udang-udangan yang biasa di temukan di daerah pantai berpasir di seluruh dunia, kecuali wilayah kutub.

 

Undur-undur laut memiliki kulit punggung yang agak keras seperti kepiting. Dagingnya gurih dan sedikit kenyal yang berwarna putih kemerahan seperti daging udang atau kepiting.

 

 

Peyek undur-undur khas kawasan pantai selatan Jawa ini terbuat dari beberapa bahan, seperti tepung beras, tepung kanji, kuah santan, bawang putih, kemiri, ketumbar, garam, kencur, dan daun jeruk, Peyek undur-undur ini memiliki rasa lezat, gurih, dan renyah.

 

Selain rasanya yang enak, ternyata undur-undur laut ini memiliki banyak manfaat baik bagi kesehatan, lho!

 

Undur-undur laut diyakini dapat menurunkan kadar gula darah untuk orang yang diabetes yang mengonsumsinya. Selain itu hewan ini memilik kandungan gizi yang cukup tinggi, seperti zat besi, protein, dan asam lemak omega-3. Seperti hewan krustasea lainnya, undur-undur laut juga merupakan penghasil kitin yang berfungsi untuk membantu menjaga metabolisme tubuh dan menurunkan kolesterol.

 

Selain digoreng dijadikan peyek, undur-undur laut yang menyerupai kulit melinjo ini, juga bisa digoreng begitu saja tanpa adonan tepung, jadi bisa digoreng lepas seperti kacang mete ataupun kacang tanah, sesuai selera masing-masing.

Last Update

Latest Review

Review of D'Stupid Baker

Posted by
on 13 Sep 2019
mengapa tutup? sayang sekali. roti dan cakenya enak banget
mengapa tutup? sayang sekali. roti dan cakenya enak bangetsangat berharap D' s***** buka l...